CARA MUDAH MENGHITUNG
THREAD COUNT YANG BENAR

Kisaran yang baik untuk suatu Thread Count (TC / jumlah utas benang), yaitu 200 hingga 400 TC per inci².

Jika kita sudah mengetahui tentang banyaknya penipuan Thread Count ,  sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara perhitungan Thread Count yang benar.

Asumsikan bahwa kita akan memilih sebuah sprei 100% katun dengan 2 opsi berikut :

  1. Harga Rp. 200.000,- dengan 200 TC per inci²
  2. Harga Rp. 200.000,- dengan 200 TC per 10 cm²
 

Sudah pasti kita akan berpikir bahwa kedua pilihan di atas sama saja karena memiliki jumlah utas benang yang sama dan Anda hanya perlu mempertimbangkan faktor-faktor lainnya, seperti motif dan packaging.

Namun, ternyata perbedaan satuan yang digunakan dalam menghitung thread count sangat penting untuk diperhatikan. Jika Anda memilih Opsi #2, Anda sebenarnya membayar harga yang sama untuk jumlah utas benang yang lebih sedikit.

Jadi, bagaimanakah perhitungan jumlah utas benang yang benar?

Untuk membandingkan dua opsi secara akurat, kita harus mengkonversi satuannya agar sama. Kita akan mengubahnya menjadi sama-sama per inci², karena inilah standar satuan yang benar untuk menghitung jumlah utas benang. 

Mari kita lakukan perhitungan bersama, dengan mengubah opsi #2 supaya menjadi per inci². 

Opsi #2 : 200 TC per 10 cm²

Ini artinya ada masing-masing 100 jumlah utas benang (TC) dalam bagian horizontal dan vertikal dari kain 10 cm².

 

Luas 10 cm² = 3,16 cm x 3,16 cm

Dalam 1 cm = 100 TC / 3,16 cm
=32 jumlah utas benang (dibulatkan)

 

1 inci = 2,54 cm

Dalam 1 inci = 32 TC x 2,54 cm

=80 jumlah utas benang (dibulatkan)

 

Dalam  1 inci² =  80 TC + 80 TC

=160 jumlah utas benang (dibulatkan)

 

Oleh karena itu, apabila dihitung per inci², jumlah 200 TC per 10 cm² hanya setara dengan 160 TC per inci². Perbedaan 40 TC per inci² merupakan perbedaan yang besar, hal ini bisa sangat terasa pada permukaan kain yang lebih kasar dan memiliki jarak antar benang yang lebih besar pada TC yang lebih rendah.

Kesimpulannya, produk 200 TC per 10 cm² sering dianggap memiliki TC yang setara dengan produk 200 TC per 1 inci². Padahal produk 200 TC per 10 cm² memiliki kualitas yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan luas permukaan 10 cm² (3,16 x 3,16 cm) lebih besar daripada 1 inci² (2,54 x 2,54 cm), sehingga jumlah utas benang pada luas permukaan 10 cm² tentunya terlihat lebih banyak daripada yang seharusnya. Perhitungan tersebut sudah merupakan praktek ilegal yang dilarang.

 

Jadi, apabila Anda ditawarkan dua pilihan di atas, Anda harus memilih opsi #1 karena opsi ini memiliki kualitas TC yang lebih tinggi dari opsi #2. TC yang lebih tinggi sama artinya dengan kain katun yang lebih lembut, kuat, dan nyaman dipakai.

Hati-hati saat membaca spesifikasi produk sprei katun yang akan Anda beli. Selalu pastikan Thread Count-nya dihitung per inci² atau lakukan konversi ke inci² apabila tercantum dalam 10 cm², karena Anda tentunya tidak mau mendapatkan kualitas yang lebih rendah dengan membayar harga yang sama, bukan? 

Semoga penjelasan perhitungan thread count di atas bisa membantu ya..

Bagikan Artikel Ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Lainnya:

Yuk Ganti Selimutmu dengan Coverlet

YUK GANTI SELIMUTMU DENGAN COVERLET Bosan dengan tempat tidur yang itu-itu saja, yuk cobain coverlet dari Leven Cotton untuk pengalaman tidur yang lebih baik. Sadarkah

10 Tips Dekorasi Kamar

10 TIPS DEKORASI KAMAR ANDA Bosan dengan kondisi kamar yang begitu-begitu saja? Sedang mencari referensi untuk kamar anda ? Mendesain kamar dengan merombak seluruh pernak-pernik

Sateen vs Percale, Mana yang Lebih Baik ?

SATEEN VS PERCALE,MANAKAH YANG LEBIH BAIK? Setelah membahas tentang Jenis -Jenis kain, Thread count, hingga keunggulannya, sekarang saatnya kita akan membahas tentang kain sateen dan

Kupon Diskon Rahasia & Eksklusif

Dikirimkan via email untuk pelanggan newsletter Leven Cotton