Apakah Katun Menyusut?

Kain katun bisa menyusut saat dicuci tetapi jika Anda berhati-hati Anda bisa mencegahnya! Kiat & trik ini akan membantu Anda menghentikan penyusutan kain sprei Anda:

Katun/kapas adalah bahan yang bagus: serbaguna, nyaman, ‘bernapas’, dan tahan lama. Tapi seperti banyak bahan, terutama bahan alami, katun juga cenderung menyusut jika terpapar suhu yang ekstrem saat di mesin cuci dan pengering. Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat katun Anda:

Trik untuk mencuci kain katun di mesin cuci tanpa menyusut adalah dengan menggunakan suhu rendah – tentu saja untuk bisa mendapatkan hasil cucian yang bersih di suhu air yang rendah maka Anda harus menggunakan deterjen berkualitas baik.

APAKAH KAIN KATUN MENYUSUT?

Apakah bahan 100% katun menyusut? Sebagian besar kain alami menyusut sampai taraf tertentu karena dua faktor: yang pertama adalah susut serat – ini merupakan respons alami dari serat tanaman ketika terkena suhu panas dan yang kedua adalah susut kain, akibat dari tegangan yang terjadi saat pembuatan benang dan kainnya. Tegangan ini ‘terlepas’ ketika terkena suhu panas saat proses pencucian dan pengeringan, sehingga menyebabkan kain sprei Anda menyusut. Jadi, apakah katun menyusut saat Anda mencucinya? Pada pencucian pertama, ya, kecuali jika Anda mencuci tangan dengan tangan dengan air dingin dan mengeringkan dengan cara dijemur tanpa terkena sinar matahari langsung. Namun, jika Anda khawatir sprei katun Anda akan menyusut, ada beberapa cara sederhana untuk meminimalkanya.

BAGAIMANA MENGHINDARI PENYUSUTAN PADA KATUN?

Jika Anda ingin kain sprei katun Anda tetap pada kondisi yang prima, cara pencucian yang paling baik adalah dengan menggunakan tangan (tanpa mesin cuci) dan dikeringkan dengan cara dijemur dan diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Kami juga akan menyertakan petunjukan pencucian untuk setiap pembelian produk Leven Cotton.

Pencucian dengan tangan:

Gunakan deterjen khusus untuk mencuci tangan. Larutkan deterjen tersebut dalam air dingin atau suam-suam kuku, dan rendam sprei selama waktu yang disarankan. Selalu ikuti instruksi pencuician yang kami sertakan dalam paket penjualan, jika deterjen tersebut baru pertama kali Anda gunakan,uji pada area kecil dan tidak mencolok terlebih dahulu jika Anda khawatir. Bilas bersih menggunakan dingin atau suam-suam kuku. Jangan peras atau puntir kain karena hal tersebut akan mempengaruhi bentuk dan struktur kainnya. Keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari tidak langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Mesin cuci:

Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci dengan tangan, tidak masalah. Sebagian besar mesin cuci memiliki pengaturan yang akan membantu menghentikan penyusutan katun, pastikan Anda memilih mode yang tepat. Gunakan deterjen ringan yang ditujukan untuk kain yang halus. Atur suhu air mesin cuci Anda dingin atau maksimal 30 derajat. Setelah proses pencucian selesai, keluarkan dari mesin cuci. Kebaskan perlahan untuk menghilangkan kerutan. Keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari tidak langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *