SUSAH TIDUR? IKUTIN TIPS INI YUK

Kualitas tidur yang baik akan membuat Anda bangun lebih segar pada pagi harinya. Kurang tidur atau tidur tidak nyenyak di malam hari bisa mengganggu aktivitas dan semangat Anda di keesokan harinya. Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan kualitas tidur yang buruk pada malam hari dapat mempengaruhi daya konsentrasi dan kemampuan manusia memproses informasi.

Diketahui ada beberapa penyebab kita tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, seperti stress, usia, efek zat kimia, maupun ritme tidur yang tidak teratur. Namun tenang saja, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda supaya bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

1. Makan malam 3  jam sebelum tidur

Taukah anda, Langsung tidur setelah makan dapat membuat kualitas tidur Anda tidak optimal, bahkan dapat meningkatkan risiko penyakit,  Sebaiknya makan malam terakhir dilakukan beberapa jam sebelum tidur misalnya jika ingin tidur jam 10, setidaknya anda sudah makan malam (makan berat) sekitar jam 7 malam . Jika Anda sangat lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil, seperti buah.  Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa segelas cokelat hangat dapat merilekskan tidur pikiran sebelum tidur loh. 

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Banyak orang bilang bahwa mandi di malam hari tidak baik untuk kesehatan. Yap, pandangan ini sebenarnya tidak salah. Dan beberapa memang ada benarnya. Tapi, mandi yang tidak sehat di malam hari adalah mandi air dingin. Sedangkan mandi menggunakan air hangat masih bisa dikatakan sehat dan justru bermanfaat bagi tubuh kita loh, karena dengan mandi air hangat dapat merilekskan pikiran, nah saat tubuh rileks otak pun akan semakin sehat, jangan lupa saat mandi air hangat, tambahkan pula minyak esensial di dalam air mandi, kamu juga bisa menggosokkan minyak aroma terapi agar otak semakin fresh dan sehat.

3. Hindari kafein

Sebuah penelitian menemukan, mengonsumsi 400 miligram kafein sekitar empat cangkir sampai enam jam sebelum tidur akan menganggu pola tidur kamu. Dilansir dari Huffington Post, Dr. Irshaad Ebrahim dari London Sleep Centre di Herley Street menjelaskan bahwa otak memproduksi senyawa adenosin yang memperlambat aktivitas saraf dan membuat Anda jadi mengantuk. Nah, senyawa ini akan diproduksi menjelang sore supaya tubuh bisa beristirahat dengan baik. Sayangnya, kerja adenosin bisa terganggu dengan secangkir kopi. Kafein pada kopi mampu mengikat reseptor adenosin, sehingga otak tidak mendeteksi adenosin. Akibatnya, otak malah memberikan sinyal untuk terus beraktivitas. Respon tersebut membuat detak jantung meningkat, hormon adrenalin bertambah banyak, dan pernapasan menjadi lebih cepat. Dengan kondisi seperti itu, Anda bukannya jadi ingin tidur malah terjaga semalaman.

4. Jangan main alat elektronik di tempat tidur

Peneliti menemukan bukti-bukti dampak buruk penggunaan peralatan elektronik menjelang tidur. Selama ini, sebagian besar penelitian menyatakan jika cahaya dari gadget dapat mengganggu tidur seseorang.  Ada beberapa zat alami dalam tubuh kita yang dapat membantu kita saat tidur salah satunya  melatonin yaitu zat alami dalam tubuh yang membantu seseorang untuk tidur dengan cara memberitahukan tubuh bahwa situasi di sekitarnya sudah gelap dan ini saatnya untuk tidur. Jadi agar terhindar dari susah tidur, sebaiknya mematikan gadget anda saat ingin tidur, jika sedang menunggu telpon yang penting, ada baiknya dikurangi cahaya smartphone anda 

5. Gunakan sprei yang tepat

Pemilihan sprei juga merupakan salah satu hal penting penunjang seseorang bisa tidur nyenyak atau tidak. Nah untuk kita yang tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, harus selektif dalam memilih sprei yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tidur kita. Anda dapat menggunakan sprei dengan bahan apapun, tapi untuk kenyamanan bersama, sebaiknya menggunakan sprei dengan bahan 100% katun. Kenapa ? Karena selain sprei dengan bahan dasar 100% katun sudah sejak lama digunakan, tentunya sprei dengan bahan dasar katun sangat cocok untuk kita yang tinggal di negara beriklim tropis ini karena adem/sejuk dan lembut.

Bagikan Artikel Ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Lainnya:

Yuk Ganti Selimutmu dengan Coverlet

YUK GANTI SELIMUTMU DENGAN COVERLET Bosan dengan tempat tidur yang itu-itu saja, yuk cobain coverlet dari Leven Cotton untuk pengalaman tidur yang lebih baik. Sadarkah

10 Tips Dekorasi Kamar

10 TIPS DEKORASI KAMAR ANDA Bosan dengan kondisi kamar yang begitu-begitu saja? Sedang mencari referensi untuk kamar anda ? Mendesain kamar dengan merombak seluruh pernak-pernik

Sateen vs Percale, Mana yang Lebih Baik ?

SATEEN VS PERCALE,MANAKAH YANG LEBIH BAIK? Setelah membahas tentang Jenis -Jenis kain, Thread count, hingga keunggulannya, sekarang saatnya kita akan membahas tentang kain sateen dan

Kupon Diskon Rahasia & Eksklusif

Dikirimkan via email untuk pelanggan newsletter Leven Cotton