fbpx

PERBEDAAN BED COVER, COVERLET DAN DUVET COVER

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah keinginan semua orang sehingga mulai banyak orang yang selektif dalam hal memilih alat perlengkapan tidur. Sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan bed cover, namun apa bedanya bed cover dengan coverlet atau duvet cover? Saat ini kita akan membahas tentang ketiga perlengkapan tidur yang memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai selimut dan penutup tempat tidur yang diletakan di atas sprei

Bed Cover

– Apa itu Bed Cover ?

Sesuai dengan namanya, bed cover adalah pelengkap alat tidur yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari udara dingin dan dapat memberikan rasa hangat saat dipakai. Selain itu, bed cover juga bisa dijadikan sebagai penghias tempat tidur. Sarung dan isi pada bed cover merupakan satu bagian yang sudah dijahit bersamaan, tidak bisa dilepas-pasang, sehingga ada pola jahitan di permukaannya. Umumnya, bed cover memiliki ukuran yang lebih besar dari sprei atau tempat tidur dan juga memiliki isian yang tebal dan fluffy.

– Apa kegunaan Bed Cover ?

Selain digunakan sebagai alas tempat tidur, bed cover juga digunakan sebagai selimut yang tujuannya untuk memberikan rasa hangat saat tidur. Bed cover terdiri dari  2 helai kain (atas dan bawah) dan memiliki isian. Isian bed cover bervariasi, ada yang menggunakan dakron ada juga yang menggunakan silikon. Karena bed cover dikhususkan untuk menghangatkan tubuh saat dipakai tidur, tentunya ketebalan bed cover sangat berpengaruh. Semakin tebal isian bed cover, maka semakin hangat. Tetapi perlu diperhatikan juga untuk perawatannya agar isian bed cover tidak menggumpal dan menumpuk di satu sisi.

– Apa Bed Cover cocok untuk Anda ?

Jika Anda tidur di ruangan yang cenderung dingin atau menggunakan AC, maka bed cover bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Karena isian bed cover memiliki ketebalan antara 6-7 oz yang tentu akan memberikan rasa hangat saat digunakan tidur. Perawatan bed cover tentunya tidak terlalu sulit, tapi harus berhati – hati. Bed cover dapat dicuci menggunakan mesin cuci ataupun manual (menggunakan tangan). Saat mencuci bed cover dengan mesin cuci bisa menggunakan air dingin atau air hangat dengan mode delicate (lembut) dan pastikan saat menjemur bed cover jangan langsung di bawah sinar matahari, Anda bisa menjemur di tempat yang sejuk atau yang tidak terkena matahari secara langsung. Penyimpanan bed cover memerlukan tempat yang luas, tapi Anda tidak perlu khawatir karena jika Anda membeli bed cover dari Leven Cotton, Anda akan mendapatkan vacuum bag yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan bed cover Anda agar terhindar dari debu dan lebih menghemat tempat.

COVERLET

– Apa itu Coverlet ?

Coverlet merupakan singkatan dari bed cover dan blanket atau bisa juga disebut bed cover tipis. Sarung dan isi dari coverlet juga sudah dijahit bersamaan, tidak bisa dilepas-pasang, seperti bed cover. Perbedaannya terletak pada proses penggabungan 2 lapisan tersebut, yang disebut sebagai proses quilting. Quilting akan menghasilkan jahitan di seluruh permukaan coverlet, sehingga coverlet menjadi selimut tipis yang cantik dan elegan. Coverlet dapat digunakan sebagai selimut tipis di musim panas atau dapat berfungsi sebagai lapisan tambahan di atas bed cover saat musim hujan.

– Apa kegunaan Coverlet ?

Dari dekoratif hingga praktis, coverlet memiliki banyak kegunaan. Secara praktis, coverlet berguna sebagai perantara yang baik untuk selimut dan sprei Anda. Coverlet dapat digunakan sebagai pengganti selimut Anda pada saat musim panas.

Coverlet juga sering dijadikan sebagai selimut dekorasi karena ukurannya yang tidak terlalu besar dari bed cover tapi juga tidak terlalu kecil sehingga bisa menutupi seluruh permukaan tempat tidur, alasan lainnya, yaitu karena quilting atau pola jahitan dari coverlet sangat elegan sehingga membuat tempat tidur terlihat lebih mewah, terlebih lagi jika Anda suka menggunakan sprei yang polos.

Di luar negeri, coverlet sudah sangat populer dan banyak digunakan. Alasannya, semakin banyak lapisan tekstur yang Anda miliki di tempat tidur, semakin terlihat menarik dan cantik. Hal ini dikarenakan di luar negeri memiliki berbagai macam iklim, pada saat cuaca dingin, kemungkinan satu lapisan bed cover saja tidak cukup, oleh sebab itu mereka menambahkan beberapa lapisan lainnya. Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Negara kita yang beriklim tropis tentunya lebih beruntung karena kita tidak perlu menambahkan berbagai lapisan di atas tempat tidur, dengan hanya menggunakan coverlet saja sudah bisa memberikan rasa nyaman saat tidur. Selain itu, coverlet juga sangat cocok digunakan pada musim panas dan musim hujan di Indonesia.

– Apa Coverlet cocok untuk Anda ?

Coverlet sangat cocok digunakan bagi Anda yang suka menghiasi tempat tidur agar terlihat menarik, karena coverlet memiliki quilting atau pola jahitan yang eksklusif (pola bunga-bunga/geometris) yang pastinya akan membuat tempat tidur Anda terlihat lebih cantik. Selain itu, perawatan coverlet juga tidak terlalu sulit bagi Anda yang suka atau sering mencuci secara manual (tidak menggunakan mesin cuci), karena coverlet tidak setebal bed cover, sehingga proses pengeringan di bawah sinar matahari pun tidak terlalu lama. Adapun hal lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan, yaitu lingkungan tempat Anda tinggal. Jika Anda tinggal di lingkungan yang tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin, maka coverlet adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Coverlet yang berbahan katun ini tentunya akan memberikan rasa nyaman saat dipakai tidur karena ringan, halus, dan tahan lama. Sangat cocok untuk Anda yang suka merasa kepanasan saat tidur, namun tidak bisa tidur tanpa selimut. Penyimpanan coverlet tidak memerlukan tempat yang besar karena isiannya tidak tebal, sehingga dapat menghemat lemari penyimpanan Anda. 

DUVET COVER

– Apa itu Duvet Cover ?

Duvet cover merupakan 2 helai kain besar yang digabung sehingga membentuk seperti kantong. Sarung dan isi duvet cover merupakan bagian yang terpisah, tidak dijahit, sehingga bisa dilepas-pasang dan tidak memiliki pola jahitan di permukaannya. Ciri – ciri duvet cover, yaitu memiliki tali di bagian dalam untuk dipasangkan dengan inner duvet/quilt (isian terpisah) dan ditutup dengan kancing atau resleting. Istilah ‘duvet cover’ dapat diganti dengan ‘quilt cover’ atau ‘doona cover’. Jadi, duvet cover, quilt cover, dan doona cover semuanya adalah nama untuk hal yang sama. 

– Apa kegunaan Duvet Cover ?

Duvet cover digunakan sebagai selimut yang tujuannya untuk memberikan rasa hangat ketika digunakan untuk tidur. Lalu, apakah duvet cover berbeda dengan bed cover? Secara fungsi, tidak ada perbedaannya. Namun, apabila pada bed cover bagian 2 helai kain (atas dan bawah) bersama isiannya (dakron/microfiber) sudah dijahit menjadi satu, tidak bisa dilepas-pasang. Duvet cover dan isiannya (inner duvet/quilt) merupakan bagian yang terpisah, sehingga bisa dilepas-pasang sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, saat musim panas, Anda memerlukan selimut yang tipis, Anda bisa tetap menggunakan duvet cover dengan isian (inner duvet/quilt) yang tipis, ketebalan sekitar 3 oz, atau bisa juga hanya menggunakan duvet covernya saja (tanpa isian). Lalu, pada saat musim hujan, Anda hanya perlu mengganti isian yang tipis dengan isian yang lebih tebal. Sangat hemat tempat dan ekonomis, bukan?

– Apakah Duvet Cover cocok untuk Anda ?

Bagi Anda yang sangat memperhatikan ruang penyimpanan dan juga perawatannya, duvet cover merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan, saat Anda ingin mencuci duvet cover, Anda hanya perlu melepas inner duvet/quilt/dakronnya dan hanya mencuci duvet covernya saja yang tipis seperti sprei. Jadi, Anda tidak perlu khawatir isiannya akan menggumpal apabila dikeringkan dengan cara yang tidak benar. Jika Anda ingin membeli duvet cover, pastikan Anda memilih bahan kain duvet cover yang sesuai dengan suhu udara di kamar Anda, apakah kamar Anda cenderung panas atau cenderung dingin. Setelah itu, Anda bisa membeli isiannya sesuai dengan kebutuhan, tebal atau tipis. Hal yang penting untuk diperhatikan juga adalah selalu pastikan duvet cover dan isian yang akan Anda beli memiliki ukuran yang sama.

Setelah membahas kegunaan dan perbedaan bed cover, coverlet, dan duvet cover, kira-kira produk yang mana yang menjadi pilihan Anda? Silakan dipertimbangkan dari segi manfaat dan kepraktisannya ya, Leven Friends. Apabila sudah yakin, saat ini Leven Cotton sudah memiliki ketiga pilihan produk ini loh. Yuk cek disini!

Bagikan Artikel Ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Lainnya:

Free sample – Try before buy

FREE SAMPLE LEVEN COTTON 101 – TRY FIRST BEFORE YOU BUY IT Khawatir saat Anda pertama kali ingin mencoba salah satu produk yang dijual online?

Kupon Diskon Rahasia & Eksklusif

Dikirimkan via email untuk pelanggan newsletter Leven Cotton