PERBANDINGAN SPREI BERBAHAN MICROFIBER DAN KATUN

Banyaknya tipe dan jenis kain sprei yang tersedia kadang membuat kita kebingungan menentukan pilihan, termasuk memilih di antara sprei microfiber dan katun. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui lebih banyak sebelum akhirnya mencoba.

Untuk bahan kain sprei sendiri didominasi oleh bahan microfiber dan katun. Oleh karena itu kita akan membahasnya hari ini, sebenarnya apa saja perbandingan antara kain berbahan microfiber dengan kain berbahan katun. Gaya bukan satu-satunya hal yang perlu dipikirkan ketika hendak memilih sprei, yang paling penting sebenarnya apakah jenis kain yang kita pilih akan nyaman dan cocok dengan kebutuhan anda. Sprei katun dan microfiber masing-masing memiliki manfaat unik dalam hal tekstur, daya tahan, dan suhu. Baca lebih lanjut untuk menemukan opsi mana yang terbaik untuk Anda..

Apa itu Microfiber

Microfiber adalah bahan sintetis yang terbuat dari benang yang tipis namun kuat. Masing-masing benang ini kemudian dirajut rapat untuk membuat sprei tahan lama. serat yang sangat tipis, yang dianyam bersama-sama akan menhghasilkan sprei yang  ringan, nyaman ketika dipakai dan tahan lama serta tidak mudah rusak dan kusut.

Apa itu Katun

Kapas adalah kain yang terbuat dari serat kapas dan menjadi pilihan tepat untuk anda yang suka kain yang lembut dan nyaman digunakan. Bahan katun sendiri memiliki banyak kelebihan,  salah satunya yaitu memiliki daya tahan yang kuat dan daya serap yang baik, maka dari itu bahan katun sangat cocok dipakai di Negara yang memiliki iklim tropis. Diantara banyaknya jenis katun, katun Jepang adalah salah satu pilihan terbaik diantara semua macam kain katun, karena memiliki serat yang sangat panjang dan jumlah thread-count yang lebih banyak

Perbandingan bahan microfiber dan katun

Nah saatnya membandingkan bahan dari microfiber dan katun yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda :

  1. Tingkat Kehangatan

    Pada tingkat kehangatan, sprei dengan bahan microfiber cenderung memberikan rasa hangat/panas (cocok untuk iklim yang dingin), sementara sprei dengan bahan katun cenderung memberikan rasa sejuk (cocok untuk iklim tropis). Jika anda cenderung memiliki keringat berlebih di malam hari atau mengutamakan kesejukan, kain berbahan microfiber tidak akan cocok untuk anda, karena untuk daya serapnya, kain berbahan katun lebih cepat menyerap keringat daripada microfiber dan udara lebih leluasa keluar masuk pada bahan katun

     

  2. Perawatan

    Dari segi perawatan, perawatan untuk kedua jenis kainnya cukup rendah. Artinya keduanya bisa dicuci dengan mesin untuk perawatan yang mudah. Hanya saja sprei katun butuh waktu lebih lama untuk mengering dibandingan dengan microfiber, karena sprei katun cenderung lebih tebal. Juga sprei katun lebih membutuhkan usaha pada saat di setrika. Salah satu kelebihan utama dari sprei berbahan katun adalah, semakin dicuci dan digunakan berkali kali akan semakin lembut


    Kain berbahan microfiber cukup tahan lama untuk dicuci pada siklus normal di mesin cuci, dan akan mempertahankan bentuk dan ukurannya bahkan setelah menggunakan pengering, Kelebihan utama dari sprei berbahan microfiber adalah tidak mudah menyusut jika dicuci berkali – kali. Namun secara umum, kain microfiber tidak bertahan selama katun karena terjadi piling / penggumpalan serat kain.

     

  3.  Harga 

    Harga Sprei katun umumnya lebih mahal daripada microfiber. Hal ini disebabkan karena sprei berbahan katun menggunakan bahan alami yaitu kapas yang artinya lebih aman di semua jenis kulit, apalagi yang memiliki jenis kulit sensitif.  Semakin tinggi thread count sprei katun (jumlah utas benang), pasti harganya akan lebih mahal.

Kesimpulan

Sprei adalah investasi penting untuk rumah Anda. Bukankah, kita banyak menghabiskan sepertiga waktu kita untuk tidur dan tidur? Itu berarti kita harus mempertimbangkan jenis sprei yang cocok untuk kita.

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang sensitif  atau masalah kesehatan terkait tidur; sebaiknya anda memilih sprei berbahan katun daripada microfiber.

Anda bisa mempercayakan Leven Cotton dalam memilih sprei berbahan 100% katun. Semua produk dari leven cotton telah melalui 3 x quality control dan juga selalu membeli kain dari supplier yang bersertifikasi OEKO -TEX yang aman untuk semua jenis kulit. 

Bagikan Artikel Ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Lainnya:

Apa itu OEKO-TEX® STD 100

APA ITU OEKO-TEX® STANDARD 100? OEKO-TEX® STANDARD 100 merupakan sistem pengujian terhadap barang – barang tekstil. Proses pengujiannya, antara lain bahan baku yang digunakan (benang), kemudian

Yuk Ganti Selimutmu dengan Coverlet

YUK GANTI SELIMUTMU DENGAN COVERLET Bosan dengan tempat tidur yang itu-itu saja, yuk cobain coverlet dari Leven Cotton untuk pengalaman tidur yang lebih baik. Sadarkah

Kupon Diskon Rahasia & Eksklusif

Dikirimkan via email untuk pelanggan newsletter Leven Cotton