fbpx

Kenali Tungau di Sprei
dan Kasur dan Cara Penangannya

Tahukah Anda bahwa tungau debu sangat mudah ditemukan di rumah Anda terlebih lagi di tempat tidur ataupun di karpet dan sofa yang merupakan beberapa tempat yang sering dihabiskan untuk bersantai atau kumpul dengan keluarga. Pada dasarnya tungau debu  bukan parasit, mereka jarang menggigit, menyengat, atau masuk ke dalam tubuh Anda. Alergi yang diciptakan oleh tungau debu kebanyakan berasal dari pelet dan fragmen tubuh mereka. Apakah itu artinya tungau debu tidak berbahaya? Jawabannya berbahaya bagi orang-orang tertentu, meskipun mereka bukan parasit tapi tetap saja kehadiran tungau debu ini sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Yuk ketahui lebih tentang tungau debu 

 

Apa Itu Tungau Debu ?

Tungau debu adalah serangga miksroskop yang hidup di sel – sel kulit mati.  Tungau debu kebanyakan berbahaya bagi tubuh manusia yang memiliki kulit sensitif dan cenderung alergi misalnya jika Anggota keluarga Anda memiliki penyakit asma. Reaksi yang bisa didapat yaitu mata atau kulit gatal dan bisa sampai kemerahan dan bengkak.

Di manakah mereka tinggal ?

Tempat tidur adalah habitat utama tempat tinggalnya tungau. Menurut penilitian, pada kasur lama/bekas biasanya memiliki 100 ribu hingga 10 juta tungau debu. Tungau debu menyukai lingkungan yang hangat dan lembab seperti di bagian dalam kasur ketika Anda berada di atas kasur.

Apakah mereka berbahaya?

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa tungau debu dirumah sebenarnya tidak berbahaya bagi sebagian besar orang. Akan tetapi apabila anda memiliki alergi terhadap debu, maka tungau debu ini akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Diperkirakan bahwa tungau debu dapat menjadi penyebab 50%-80% penderita asma, serta dalam beberapa kasus seperti eksim, demam, dan penyakit alergi lainnya. Gejala yang biasanya terlihat yaitu bersin, gatal-gatal, mata berair, pilek, bengkak. Bebrapa hal yang dapat semakin memperburuk tubuh Anda yaitu ventilasi ruangan yang buruk (tidak ada sirkulasi udara yang baik), ruangan terlalu lembab, polusi udara dalam rungan misalnya asap rokok/asap mobil. 

Pengendalian Tungau

Rekomendasi yang bisa diberikan adalah dengan

  1. Mengontrol debu yang ada di rumah Anda. Untuk lingkungan kamar tidur Anda disarankan untuk menutup bagian atas dan samping kasur Anda dengan penutup plastik bila tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama, Anda juga bisa melakukan pembersihan dengan menyedot debu yang ada pada kasur, alas tempat tidur(sprei, bedcover, dll), bantal, karpet secara menyeluruh dan rutin misalnya 1x seminggu. 
  2. Selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu mengurangi suhu dan kelembaban di ruangan. Apabila rungan sangan lembab (akibat suhu, dll) Anda bisa membeli alat dehumidifier
  3. Rutinlah mencuci sprei, bantal, dan selimut yang dipakai. Sesekali Anda bisa mencuci dengan air panas
  4. Rutinlah menjemur tempat tidur, sofa, karpet bila perlu vacuum setiap hari 

Bagikan Artikel Ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Lainnya: