Kenali 5 Karakteristik dari kain 100% Katun

Seperti judulnya kain 100% katun atau biasa disebut sebagai katun jepang merupakan salah satu jenis kain yang paling banyak diminati di Indonesia. Kain katun biasanya diproduksi menjadi pakaian Hingga perlengkapan bedding. Nah, karena banyaknya permintaan pasar, sehingga membuat beberapa produsen kain menggunakan cara curang yaitu dengan mencampurkan kain katun dengan bahan lainnya seperti polyester, tapi pada saat menjualnya mereka mengklaim bahwa produk yang mereka jual merupakan katun Jepang. 


Oleh sebab itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang 5 hal yang menjadi karakteristik kain 100% katun khususnya untuk produksi bedding (sprei,bedcover,coverlet,dll) agar nantinya sebagai pembeli dapat lebih selektif dalam memilih sprei. 


1. Memiliki Variasi Natural

Karena merupakan bahan natural yang berasal dari alam, maka kain katun akan memiliki variasi natural dalam hal kelembutan (mungkin ada perbedaan sedikit dari batch ke batch nya), feeling, luster / sifat memantulkan cahaya, dan karakteristik-karakteristik lainnya. Yang penting, variasi natural ini tidak mempengaruhi kualitas bahan apabila kainnya memang 100% katun

2.  Memiliki permukaan yang halus dan adem

Karena terbuat dari serat alami, Sprei dengan bahan katun jepang secara keseluruhan memiliki bagian permukaan yang halus karena susunan kerapatan pada benangnya sangat padat. Nah, sprei berbahan 100% katun ini semakin lama akan semakin halus, jika di cuci berulang kali

3. Memiliki Daya Serap Keringat yang Baik

Semua kain berbahan dasar katun harus bisa menyerap keringat dengan baik dibandingkan dengan jenis katun lainnya,  Hal ini disebabkan karena di dalam kain ini terdapat rongga yang memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah sehingga keringat tubuh akan terserap dengan baik.

4.  Memiliki warna yang tahan lama 

Sprei dengan 100% katun memiliki warna yang tahan lama meskipun di cuci berkali – kali tidak akan cepat pudar atau luntur, asalkan dapat memperhatikan beberapa aspek misalnya cara pencuciannya, dan pada saat menjemur sprei juga harus tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Sangat kuat

Sprei dari katun jepang sangat kuat dan tidak mudah sobek, sangat cocok digunakan dalam jangka panjang, karena mengingat harga dari sprei berbahan 100% katun relatif lebih mahal dibandingkan dengan sprei berbahan katun dengan campuran bahan lainnya. Apalagi bila menggunakan kain katun dengan benang single ply. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *