APA ITU OEKO-TEX® STANDARD 100?

OEKO-TEX® STANDARD 100 merupakan sistem pengujian terhadap barang – barang tekstil. Proses pengujiannya, antara lain bahan baku yang digunakan (benang), kemudian dilanjutkan dengan pengujian barang setengah jadi yaitu kain polos, hingga pengujian bahan baku pendukung (tinta). Tes ini dilakukan oleh lembaga mitra OEKO-TEX®, dalam tes tersebut mereka akan memperhitungkan banyak zat yang mungkin berbahaya bagi kesehatan manusia. Pengujian ini dilakukan agar dapat memastikan konsumen yang akan menggunakan bahan tekstil aman dari zat kimia berbahaya sesuai dengan peraturan perundangan – undangan. 

Oeko-Tex telah mengklasifikasikan semua produk tekstil yang memenuhi syarat ke dalam empat kategori:

  1. Produk kelas I – Produk untuk bayi dan balita
  2. Produk kelas II- Produk dengan kontak kulit langsung 
  3. Produk kelas III – Produk tanpa kontak kulit langsung 
  4. Produk kelas IV – Home Textile
 

Semua produk yang termasuk dalam kategori ini diuji kandungan atas ratusan zat individunya yang dikelompokkan dalam 17 kelompok bahan kimia. Produk tekstil yang diuji akan dialokasikan ke salah satu dari empat kelas produk Oeko-Tex berdasarkan tujuan penggunaannya. Semakin intensif suatu produk bersentuhan dengan kulit, semakin ketat persyaratan ekologis manusia yang harus dipenuhi. OEKO-TEX® STANDARD 100 bisa ditemukan pada jutaan produk di seluruh dunia, pada hampir seluruh segmen ritel (berdasarkan lebih dari 65.000 sertifikat yang telah dikeluarkan hingga saat ini).

Untuk mendapatkan sertifikasi OEKO-TEX® STANDARD 100, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Sertifikasi ini bersifat sukarela dan tidak wajib
  2. Sertifikat harus diperbaharui setiap tahun
  3. Sertifikasi dilakukan oleh laboratorium pihak ketiga yang independen
  4. Kriteria untuk pengujian Oeko-Tex ditinjau setiap tahun, sehingga selalu terkini
  5. Pengujian memperhitungkan setiap cara yang mungkin untuk zat berbahaya dapat masuk ke dalam tubuh
  6. Oeko-Tex adalah standar global, sehingga sama di setiap negara
 

Untuk mendapatkan sertifikat tekstil oleh Oeko-Tex, produsen harus menyediakan sampel semua bahan, mulai dari benang jahit hingga kancing atau cetakan untuk analisis laboratorium. Oeko-Tex melakukan kunjungan lapangan ke fasilitas produksi tekstil tanpa pemberitahuan terlebih dahulu untuk memastikan kejujuran, kemudian melanjutkan pemeriksaan kepatuhan atas persyaratan lainnya. Sebuah survei konsumen oleh BBE Retail Expert pada 2008 yang melibatkan tujuh negara Eropa, mendapat pengakuan rata-rata 42% terhadap label Oeko-Tex ini. 

Leven Cotton hanya memasok dari produsen kain yang telah bersertifikasi OEKO-TEX® STANDARD 100. Kain Leven Cotton juga telah lulus uji bahan 100% katun di Laboratorium Balai Besar Tekstil yang telah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional). Kami menyadari bahwa pemilihan kain yang aman untuk sprei yang Anda gunakan setiap hari merupakan hal yang sangat penting. Adanya kebutuhan dari beberapa orang dengan kulit sensitif juga merupakan salah satu alasan utama kami untuk menjual produk yang aman, terbebas dari zat kimia berbahaya.

Bagikan Artikel Ini:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Lainnya:

Apa itu OEKO-TEX® STD 100

APA ITU OEKO-TEX® STANDARD 100? OEKO-TEX® STANDARD 100 merupakan sistem pengujian terhadap barang – barang tekstil. Proses pengujiannya, antara lain bahan baku yang digunakan (benang), kemudian

Yuk Ganti Selimutmu dengan Coverlet

YUK GANTI SELIMUTMU DENGAN COVERLET Bosan dengan tempat tidur yang itu-itu saja, yuk cobain coverlet dari Leven Cotton untuk pengalaman tidur yang lebih baik. Sadarkah

Kupon Diskon Rahasia & Eksklusif

Dikirimkan via email untuk pelanggan newsletter Leven Cotton